Cara Membuat Aquascape Yang Sederhana Dan Bisa Di Coba Di Rumah

Cara membuat aquascape sederhana – Pada saat ini aquascape bukan lagi sebuah hobi yang asing di kalangan para pecinta ikan hias. Namun hobi ini yang sayu ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi sekali sehingga hanya digemari oleh orang-orang yang berjiwa seni pula. Malah tidak sedikit para hobis yang rela mengeluarkan kucuran dana yang tidak sedikit demi melihat simulasi alam dan kehidupan di dalam air akuarium.

Aquascape berbeda dengan memelihara ikan hias di dalam akuarium pada umumnya. Perbedaannya terletak pada isi dari akuarium itu sendiri. Akuarium hanya diisi oleh fauna berupa ikan-ikan hias beserta sedikit aksesoris di dalamnya. Sedangkan aquascape diisi oleh banyak komponen seperti tanaman air, kayu, karang dan pasir agar bisa tercipta keindahan alam di dalam air.

Aquascape

Jadi aquascape lebih difokuskan untuk lagi memelihara seluruh ekosistem yang ada di dalam akuarium. seperti tanaman air, mendesain kayu, mengatur karang-karang agar terlihat cantik serta menambahkan beberapa fauna kecil seperti keong, ikan dan udang hias.

Pada dasarnya hanya untuk menciptakan aquascape yang bagus membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Bayangkan saja, ada tetangga saya yang menghabiskan uang 15 juta rupiah untuk membuat aquascape besar di depan rumahnya.

Tetapi bukan berarti sebuah hobi ini hanya dimiliki oleh orang-orang kaya saja , olehkarnanya bagi para pemula yang hanya memiliki dana yang sedikit bisa membuat aquascape yang sederhana dan murah. Untuk itu di sini hobinatang.com akan memberikan tips bagaimana cara membuat aquascape untuk pemula yang sederhana dan ekonomis.

Aquascape Sederhana Yang Bisa Kita Coba Di Rumah

1. Mempersiapkan desain aquascape sederhana

Mempersiapkan desain aquascape

Pertama kamu bisa mencari suatu inspirasi desain dari alam asli atau meniru desain aquascape yang pernah dipakai para master master sebelumnya. Kalian bisa searching di internet. Nanti ada desain hutan, air terjun, tebing, bukit dan lain lain. Maka kalian tidak akan ada kesulitan lagi untuk mendesain model aquascape nantinya. Dan ingat di sini jiwa seni anda akan diuji untuk menemukan ide desain terbaik.

2. Menyediakan komponen atau media untuk membuat aquascape

Menyediakan komponen atau media untuk membuat aquascape

Langkah yang selanjutnya yaitu merupakan salah satu yang paling penting dalam pembuatan aquascape. Kalian wajib menyediakan segala media yang diperlukan. Setidaknya ada 5 komponen utama untuk membuat aquascape.

Pertama adalah tanaman air, kedua adalah kayu atau batu, ketiga adalah pencahayaan sebagai pengganti matahari, keempat adalah CO2 dan yang kelima adalah filterisasi berguna menjaga kualitas air agar tetap bersih. Pencahayaan sendiri dibagi menjadi tiga, ada lowlight, midlight dan highlight.

Lebih jelasnya lagi dari bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat aquascape sederhana yaitu:

  • Akuarium: cari yang berukuran 55x35x35 (67L)
  • Filter: berguna membersihkan kotoran dalam akuarium dan menjaga kualitas air agar tetap bersih dan jernih)
  • Tanaman air: untuk membuat simulasi alam nyata.
  • Kayu karang dan bebatuan: berfungsi sebagai media untuk tumbuhnya tanaman air.
  • Lampu: untuk pencahayaan dan pengganti sinar matahari.
  • Pupuk: untuk nutrisi tanaman
  • Diffuser CO2: untuk dijadikan nutrisi buat tanaman
  • Fauna: berupa ikan kecil, udang hias dan keong.
  • Dan pasir: sebagai alas utama

Selain 8 komponen di atas Anda juga perlu membeli alat pengatur suhu air dan keasamaan air atau PH air. Supaya kita bisa  menjaga agar suhunya tetap 26-28 C dan PHnya mencapai 7 atau 8.

3. Memberi PowerGrow ke dalam aquascape

PowerGrow

Untuk kelangsungan Aquascape dalam jangka panjang kalian bisa membeli power grow sebagai rumah bakteri yang bagus kaya nutrisi untuk tanaman dan ekosistem di sekitarnya. Tapi hal ini tidak wajib bagi saya.

4.  Mendekorasi bagian dasar akuarium aquascape  Mendekorasi bagian dasar akuarium

Setelah kalian memiliki sebuah ide desain dan mengumpulkan semua bahan-bahan diatas selanjutnya tinggal mendekorasi bagian substrat. Cuci terlebih dahulu akuarium yang akan dijadikan aquascape, tujuannya biar terlihat lebih jernih dan steril dari bakteri. Setelah dicuci kemudian dijemur kalian tinggal menaburkan pasir sebagai substrat/alas. Pasir yang digunakan adalah jenis pasir silica, pasir malang atau jenis lainnya.

Silahkan atur ketinggian pasir hingga 2 sampai 3 cm. Disarankan membuat semacam lekukan ke dalam tepat di bagian tengah-tengah akuarium serta meninggikan pasir sampingnya. Tujuannya supaya pupuk tidak terlihat dari luar.

5. Menaburkan pupuk untuk tanaman aquascape sederhana

Menaburkan pupuk untuk tanaman aquascape

Jika selesai menata pasir sebagai substrate (alas), kalian tinggal menaburkan pupuk tepat di atas pasir yang sudah ditata tadi. Masukkanlah pupuk tepat di bagian pasir yang cekung ke dalam, usahakan jangan menaburkan di samping kaca aquarium karena nanti malah terlihat dari luar. Pupuk ini berfungsi memberi nutrisi pada tanaman air.

6. Taburkan pasir untuk yang ke 2 pada aquascape

aburkan pasir untuk yang ke 2 kalinya agar menutupi pupuknya

Apabila pupuk sudah ditebarkan di atas pasir sekarang tinggal ditutup dengan pasir supaya tidak terlihat. Anda bebas mengatur pola sesuai keinginan anda. Tapi ingatlah pasir ini akan menjadi permukaan dasar dari aquascape, jadi usahakan atur sebaik mungkin agar terlihat cantik. Rata rata dari semua scaper ini membuat bentuk suatu pasir di bagian belakang memiliki kontur lebih tinggi dibandingkan bagian depan. Bagian depan memiliki kontur yang rendah.

7. Mendesain hardscape (kayu, batu atau karang) aquascape 

Mendesain hardscape (kayu, batu atau karang)

Cara yang ketujuh yaitu mengatur kayu kayu atau batu-batuan sedemikian rupa agar terlihat natural. Desainnya seusai dengan yang sudah direncanakan di poin satu. Silakan anda lihat kembali desain yang sudah anda bentuk. Lalu masukkan batu dan kayu satu persatu, letakkan dengan mantap tanpa ragu. Kalau sudah mantap tidak perlu lagi memindah posisi kayu yang belum pas.

kemudian setelah itu isi air dan letakan ikan hias yang kita punya pada aquarim yang sudah kita buat tadi tan taruh aquarium pada tempat yang menurut kalian cocok untuk menempatkannya.

Nah,mungkin itu saja artikel kali ini yang bisa saya sampaikan tentang aquascape sederhana namun kamu juga bisa mengetahui  jualan apa yang paling laku yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

 

You may also like...